Firman yang Hidup

Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup–itulah yang kami tuliskan kepada kamu.

That which was from the beginning, which we have heard, which we have seen with our eyes, which we have looked upon, and our hands have handled, of the Word of life

Memperhatikan media massa, semakin hari, semakin banyak kejadian yang tidak jarang kita dengar/lihat. Beberapa kecelakaan karena pengaruh narkoba, pemerkosaan anak bahkan anak kandung, mutilasi, kasus korupsi. Sempat terpikir apakah karena sekarang banyak media massa dan jejaring sosial sehingga berita-berita seperti ini banyak di expose, namun saya rasa tidak. Memang semakin hari semakin banyak masalah sosial terjadi di masyarakat, salah satu penyebab adalah meningkatnya orang dengan gangguan mental. Gangguan mental ini bukan berati gila saja, stress sedang sampai berat. Gangguan mental kemudian berkolaborasi tuntutan ekonomi yang semakin meningkat, dan seterusnya, dan seterusnya, dan seterusnya. Akhirnya karena sudah terlalu berat beban hidup, terjadi lah hal-hal yang tidak terpikirkan.

Apakah dunia saat ini memang sudah sangat berat untuk dijalani, tidak kah manusia punya Tuhan, atau malah semakin banyak orang yang tidak mengakui eksistensiNya. Atau jangan dunia sudah tidak mempan dengan FirmanNya.

good?

Coba perhatikan ilustrasi di atas, seberapa banyak kita yang melihat realitas dalam gambar tersebut dan SETUJU. Jangan-jangan kita adalah orang di dalam gambar tersebut?

Rasul Yohanes menekankan dengan jelas esensi Yesus Kristus yang ia beritakan. Yesus bukan hanya bisa didengar, dilihat, disaksikan, tapi juga disentuh/raba. Yesus sangat nyata sebagai sumber pemberitaan firman, sampai-sampai Yohanes berkata Dia yang ditulis itu sungguh ada dan bisa disentuh.

Percayalah dunia sekarang, meminta bukti lebih dari iman kita kepada Yesus. Iman dan teladan yang benar akan dapat menarik pandangan sekitar kita. Firman itu menjadi nyata saat orang-orang berkata, “Ya..saya sangat diberkati olah kehidupan Anda, orang yang jujur, penuh hikmat. Saya mau seperti Anda”

Tahukah Saudara, Iblis juga mengetahui Firman lho. Ingat pencobaan Yesus setelah 40 hari berpuasa. Iblis sampai pakai ayat untuk mencobai Yesus, sampai dia bilang “bukan lah ada tertulis”(Mungkin iblis malah hapal isi Alkitab). Namun demikian, walaupun iblis mendengarkan dan mengerti Firman, tapi iblis bukan pelaku Firman. Jadi apabila kita yang sudah lama mengaku Kristen, sering mendengarkan, membaca, mengerti Firman namun tidak melakukan Firman itu maka kita sama dengan xxxxx (jawab sendiri ya).

Sekedar tambahan Yakobus bilang iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Hati-hati saudara mengerti sesuatu hal namun bukan menjadi pelaku, bisa menjadi lebih parah lho. Sebarapa banyak orang atau organisasi berkonflik yang ternyata setelah diselidiki karena terlalu banyak orang yang pintar tapi tidak menjadi pelaku.

Jadi Saudara, Tuhan Yesus yang adalah Firman yang hidup telah menjadi contoh bagi kita. Sekarang sebagai representasi Kerajaan Allah, adalah tugas kita untuk Menghidupi Firman dalam kehidupan kita. Sehingga orang-orang boleh berjabat tangan dengan Saudara dan berkata, “ Ya.. saya telah mendengar, melihat bagaimana Anda hidup, dan sekarang saya dapat berjabatan dengan Anda”. Bayangkan bahwa hidup kita akan menjadi kesaksian bagi banyak orang, dan menyelamatkan.

Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang. Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. ( 1 Timotius 4 : 14 -15)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s